Sun. Jun 16th, 2024

Kepulauan Mentawai –

Viral di media sosial, sebuah video berdurasi 25 detik menunjukkan perahu yang ditumpangi puluhan pelajar SMA 1 Pagai Utara Selatan (PUS) yang hendak pulang ke rumahnya karam di Perairan Selat Sikakap, Desa Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Dilihat detikSumut, Kamis (12/10/2023), dalam video tersebut tampak puluhan pelajar itu tampak histeris usai perahu yang mereka tumpangi itu karam. Dalam video itu juga terdengar suara tangisan dan suara minta tolong korban ke warga sekitar. Selain itu juga ada beberapa pelajar yang berupaya berenang ke pinggiran sungai sebelum perahu bantuan masyarakat datang untuk melakukan evakuasi mereka.

“Wei tolong woi, naik-naik,” suara beberapa siswa yang kapalnya karam.

Plt Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Kepulauan Mentawai Lahmuddin Siregar membenarkan peristiwa tersebut. Menurutnya peristiwa itu terjadi, Rabu (11/10) siang. Saat itu menurutnya ombak dan angin sedang besar di wilayah itu.

“Benar kejadiannya perahu terbalik, kejadian kemarin. Ini disebabkan ombak besar ditambah angin kuat. Membuat beberapa alat penyeimbang di perahu itu lepas,” katanya pada detikSumut, Kamis (12/10/2023),

Lebih lanjut, menurutnya perahu yang ditumpangi pelajar itu juga milik warga sekitar. Perahu yang karam itu digunakan pelajar dan masyarakat sekitar untuk beraktivitas.

“Karena pelajar itu sekolahnya di seberang, dia menggunakan kapal itu untuk berangkat serta untuk pulang ke rumah,” jelasnya.

“Mereka yang naik perahu itu juga membayar. Karena itu milik warga,” sambungnya.

Terkait mengenai korban terluka dalam insiden perahu karam ini, dia menyebut belum mengetahui.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *